9 GUA MARIA DI JOGJA - WISATA ZIARAH ROHANI KATOLIK

Daftar 9 Gua Maria di Jogja dan Jawa Tengah - Tempat Wisata Ziarah Rohani Kristen Katolik di Jogja dan Jawa Tengah - Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata nomor 2 setelah Bali memiliki ratusan ragam tempat wisata menarik yang cukup populer: wisata alam, wisata sejarah, seni budaya, wisata pendidikan, wisata kuliner dan juga wisata religi atau wisata rohani. Berikut ini kami rangkum Tempat Wisata Ziarah Rohani Kristen Katholik di Jogja dan Jawa Tengah:

1. Gua Maria Lourdes Sendangsono
Gua Maria Lourdes Sendangsono terletak lebih kurang 33 KM sebelah barat pusat kota Yogyakarta. Sendangsono merupakan salah satu tempat wisata rohani Katholik yang populer di Indonesia, sudah lebih dari 1 abad (100 tahun) tempat ini berdiri dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai kota di Indonesia dan mancanegara.

Lokasi berada di sekitar Perbukitan Menoreh, dengan suasana yang sunyi, asri, damai, sejuk, alami serta jauh dari keramaian, Sendangsono menjadi salah tempat alternatif terbaik bagi Anda untuk melakukan ziarah, menenangkan jiwa dan berkontemplasi mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. 
Gua Maria Sendangsono


Nama Sendangsono diambil dari istilah “sendang” yang berarti mata air dan “sono”, merupakan nama suatu jenis pohon. Sendangsono berarti mata air di bawah pohon Sono. Pada bulan Mei dan bulan Oktober, tempat ini selalu ramai dipadati oleh peziarah dari seluruh Indonesia.
Arsitektur Sendangsono dirancang oleh Romo YB Mangun Widjaja PR yang memperoleh penghargaan Aga Khan Award, sebagai karya arsitektur yang akrab dengan lingkungan.

Di kompleks Sendangsono ini ada 4 buah rumah panggung yang bisa digunakan untuk beristirahatbagi para pejiarah, terdapat pula 3 buah kapel: Kapel Tritunggal, kapel Maria (terletak di atas gua, dekat kompleks makam), dan kapel 12 Rasul yang sedang dalam renovasi. 

2. Gua Maria Lawangsih
GuaMaria Lawangsih terletak kurang lebih 40 kilometer ke arah barat dari kota Yogyakarta tepatnya di  wilayah kabupaten Kulon Progo. Lokasinya tidak jauh dari lokasi jiarah Gua Maria Jatiningsih dan Gua Maria Sendangsono.
Gua Maria Lawangsih

Ciri khas yang utama Gua Maria Lawangsih yakni merupakan goa alam kedua di Keuskupan Agung Semarang setelah Gua Maria Tritis Wonosari, Gunungkidul. Suasana alam yang masih alami, jauh dari keramaian kota ditambah suara gemericik air, kicauan burung, tiupan angin, udara yang segar membuat tempat ini menjadi salah satu tempat doa yang saat ini cukup favorit bagi para pejiarah.

3. Gua Maria Sendang Jatiningsih
Gua Maria Sendang Jatiningsih merupakan tempat wisata ziarah rohani umat Katholik yang terletak di sebelah barat kota Jogja, tepatnya di Jitar, Sumber Arum, Moyudan Sleman. Lokasinya berada di tepi Sungai Progo, suasana yang sunyi, angin sepoi-sepai dan suara gemericik air Sungai Progo menjadikan tempat ini sebagai tempat yang cocok untuk berdoa, meditasi untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

4. Gua Maria Watu Blencong Boro
Gua Maria Watu Blencong Terletak di Boro Suci, Banjarasri, Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata rohani umat Katholik di Jogja yang diresmikan sejak 1 Januari 2009 dan sampai sekarang masih terus dikembangkan fasilitasnya. Arti nama Gua Maria Watu Blencong memiliki arti khusus bagi umat setempat, yaitu batu yang bisa mengeluarkan semacam cahaya api di malam hari. Lokasi Gua Maria Watu Blencong tidak jauh dari Gereja Santa Theresia Lisieux Boro serta dekat dengan tempat wisata religi Katolik Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga di Komplek Makam Romo Prennthaler SJ salah satu misionaris yang berkarya di sekitar Perbukitan Menoreh (Boro, Promasan, Kalibawang, Nanggulan dan sekitarnya), beliau yang mempunyai gagasan untuk menjadikan Sendangsono (Gua Maria Lourdes Sendangsono) sebagai tempat wisata religi.
Gua Maria Watu Blencong

Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga

5. Gua Maria Sriningsih
Gua Maria Sriningsih terletak di Dusun Jali, Gayamharjo, Prambanan, Gayamharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Gua Maria Sendang Sriningsih

Gua Maria Sendang Sriningsih bermula dari keberadaan sebuah sumber mata air (sendang) yang bernama Sendang Duren. Konon, sendang tersebut dianggap cukup angker oleh masyarakat sekitar. Berlokasi di Dusun Jali, desa Gayamharjo, Prambanan, Sleman, atau sekitar 30 kilometer dari Kota Yogyakarta ke arah Klaten atau Solo. Sedangkan Dusun Jali sendiri adalah sebuah dusun yang terletak di lereng bukit Mintaraga, tepatnya di sebelah selatan Kota Klaten.

6. Gua Maria Tritis
Gua Maria Tritis terletak di Paliyan, Gunungkidul tepatnya di Paroki St. Petrus Kanisius Gunung Kidul Yogyakarta yang berjarak sekitar 40 KM dari Kota Yogyakarta.
Gua Maria Tritis

Gua Tritis merupakan goa alami berada di balik perbukitan karst yang tandus dan dikelilingi pohon jati.
Sejarah berdirinya pada tahun 1975 Romo Hardjosudarmo,SJ yang bertugas di Paroki Wonosari, beliau juga membina para murid SD Sanjaya di Dusun Pengos, Kelurahan Giring, Kecamatan Paliyan Gunung Kidul. Pada tanggal 25 Desember1975 itu beliau bersama para murid SD Sanjaya merayakan misa natal di gedung SD Sanjaya karena waktu itu di lingkungan SD Sanjaya belum mempunyai kapel. Setiap akan diadakan Misa Natal, Romo membuat “gua” dari kertas. Melihat hal itu ada seorang murid berkata kepada Romo,”Romo, tidak usah membuat gua dari kertas, karena di tempat saya ada gua asli.” Lalu Romo itu bertanya,”gua asli bagaimana ?” Murid itu hanya menjawab,”Gunung itu growong (berlobang besar).”

7. Gua Maria Sendang Rosario
Lokasi Gua Maria Sendang Rosario terletak di Ngijorejo, Gading, Playen Gunung Kidul Yogyakarta.
Gua Maria Sendang Rosario

8. Gua Maria Giri Wening
Lokasi Gua Maria Giri Wening terletak di Dukuh Sengonkerep, Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
Gua Maria Giri Wening

Awal mula berdirinya Gua Maria Giri Wening ini karena seorang warga lokal bernama Bapak Romanus Pambudi yang mendapatkan wangsit atau wahyu. Wahyu tersebut diterimanya dalam berupa turunnya cahaya menyerupai salib yang mengarah ke kebun belakang rumah mereka. Pada awalnya hanya taman doa tetapi oleh warga sekitar dibuat menjadi tempat peziarahan yang hening. Tempat wisata rohani umat Katolik di Yogyakarta ini berada di bawah tebing batu. Uniknya, patung Maria yang terpasang tidaklah sendiri, melainkan sedang menggendong putranya. 

9. Gua Maria Sendang Ratu Kenyo
Lokasi Gua Maria Sendang Ratu Kenyo terletak di Ngampohan Giriwoyo, Surakarta, Jawa Tengah. Sebelum menjadi tempat jiarah, masyarakat sekitar mengenal tempat ini sebagai Sendang Growong artinya gua yang memiliki ruangan besar di sebelah dalamnya. Sebelum di jadikan tempat ziarah, gua ini di kenal angker oleh masyarakat setempat, karena di yakini sebagai tempat tinggal “Setan Besil“. Setan itu berhasil di usir berkat Doa Novena Sembilan Hari yang di lakukan oleh umat Katolik setempat yang di pimpin oleh Bapak Petrus Suhirman, seorang katekis yang tinggal di Dusun Ngampohan.
Gua Maria Sendang Ratu Kenyo

Itulah Daftar 9 Gua Maria di Jogja dan sekitarnya, Anda dapat menentukan sendiri Lokasi Ziarah yang sesuai dengan Pilihan Anda. Semoga bermanfaat.


Paket Wisata Rohani Kristen Katholik Jogja - Bagi Anda yang ingin berziarah ke 9 Gua Maria di Jogja dan sekitarnya: Gua Maria Sendangsono, Gua Maria Sendang Jatiningsih, Gua Maria Watu Blencong, Gua Maria Tritis, Gua Maria Lawangsih, Gua Maria Sendang Ratu Kenyo, Gua Maria Giri Wening dan tempat wisata rohani Katolik yang lain di Jogja dan Jawa Tengah lainnya, kami siap melayani Anda.
CALL/WA/SMS:
0813 2997 3567
 Anda dapat menentukan sendiri Lokasi Ziarah yang sesuai dengan Pilihan Anda.
Bonus Obyek Wisata di Sekitar Lokasi/Rute Ziarah